Selasa, 30 November 2010

Individu, Keluarga dan Masyarakat

Individu, Keluarga dan Masyarakat

pengertian Individu
       Individu yang berasal dari bahasa latin adalah individuum yang artinya tidak bisa dibagi/tak bisa terbagi-bagi. Merupakan suau sebutan yang dapat dipakai untuk menyatakan suatu kesatuan yang paling kecil dan terbatas. Dalam ilmu social , individu menekan penyelidikan kepada kenyataan-kenyataan hidup yang istimewa yang tak seberapa mempengaruhi kehidupan manusia.
pengertian pertumbuhan
      Proses ini terjadi karena adanya perubahan pada seseorang secara tahap demi tahap karena pengaruh baik dari pengalaman atau empiris luar melalui panca indera yang dapat menimbulkan reflex.
Jadi pendapat aliran psikologis Gestalt ini dapt disimpulkan bahwa pertumbuhan adalah proses perubahan secara pelahan- lahan pada manusia dalam mengenal suatu yang semula mengenal sesuatu secara keseluruhan baru kemudian mengenal bagian-bagian dari lingkungan yang ada disekitarnya.
factor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan
       Pertumbuhan dapat dibagi menjadi 4 bagian yaitu :
1.       Pendirian nativistik adalah pertumbuhan individu itu semata-mata ditentukan oleh factor-faktor yang dibawa sejak lahir. Misalkan seorang ayah mempunyai bakat pada bidang lukis maka kemungkinan besar anaknya  bisa ikut serta dalam bidang lukis tersebut.
2.       Pendirian empiristik dan environmentalistik adalah pertumbuhan individu semata-mata tergantung pada lingkungan sedang dasar tidak berperan sama sekali. Misalkan anak yang normal berusia 1 tahun ada kemungkinan dia akan dapat beradapatsi dengan lingkungannya entah berbicara maupun berjalan.
3.       Pendirian konvergensi dan interaksionisme adalah suatu modifikasi yang terkenal yang sering dianggap sebagai perkembangan lebih luas yang berpandangan dinamis menyatakan bahwa antara dasr dan lingkungan dapat menentukan pertumbuhan individu.
4.       Tahap pertumbuhan individu berdasr psikologi adalah pertumbuhan individu sejak lahir samapai masa dewasa atau masa kematanagn itu melalui beberapa fase sebagai berikut : Masa vital, Masa estetik, Masa intelektual,Masa remaja.
           Dengan tulisan diatas ini saya dapat menyimpulkan bahwa manuasi merupakan makhluk individual  tidak hanya dalam arri makhluk keseluruhan jiwa raga. Melainkan juga dalam arti bahwa tiap-tiap itu merupakan pribadi yang khas atau bersifat privasi.

Fungsi keluarga.
pengertian fungsi keluarga
Keluaraga adalah unit atau satuan masyarakat yang terkecil yang sekaligus merupakan suatu kelompok kecil dala masyarakat.kelompok inipun bersifat individu.dalam kehidupan sehari-hari keluaraga sering kita jumpai  adanya pekerjaan-pekerjaan yang harus kita lakukan.suatu pekerjaan atau tugas yang harus dilakukan itu biasa disebut denagn kata fungsi. Fungsi keluarga adalah suatu pekerjaan-pekerjaan atau tugas-tugas yang harus dilaksanakan didalam atau maupun dilingkunagan keluarga oleh keluaraga tersebut.

macam-macam fungsi keluarga
Ada beberapa fungsi yabg ikut serta dalam masalah keluarga yaitu :
1.       Fungsi biologis
2.       Fungsi pemeliharaan
3.       Fungsi ekonomi
4.       Fungsi keagamaan
5.       Fungsi social

Individu, Keluarga dan Masyarakat
pengertian keluarga
       Keluaraga adalah unit atau satuan masyarakat yang terkecil yang sekaligus merupakan suatu kelompok kecil dala masyarakat. Sedangakan menurut Sigmund freud kelurga itu terbentuk karena adanya perkawinan antara pria dan wanita. Bahwa perkawinan itu adalah berdasarkan libido seksualis. Dengan demikin keluarga merupakan manifestasi daripada dorongan seksual sehingga landasan keluarga itu adalah kehidupan seksual suami isteri.
pengertian masyarakat
Masyarakat adalah wadah segenapa antar hubunagn social terdiri atas banyak sekali kolektiva-kolektiva serta kelompok dan tiap-tiap kelompok terdiri atas kelompok-kelompok lebih baik atau subkelompok. Lebih jelasnya bahwa masyarakat adalah suatu kelompok manusia yang telah memiliki tatana kehidupan,norma-0norma,adat istiadat,RAS yang sama-sama ditaati dalamlingkungannya. Dalam pertumbuhan masyarakat digolongkan menjadi masyarakat sederhana dan masyarakat maju(modern)
 2 golongan masyarakat
Yaitu :
1.       Golongan masyarakat sederhana adalah  sekumpulan orang yang ada dikawasan atau lingkungan primitive cenderung dibedakan menurut jenis kelamin.
2.       Golongan masyarakat maju (modern) adalah sekelompok organisasi kemasyarakatan itu dapat tumbuh dan berkembang dalam lingkungan terbatas sampai pada cakupan nasional,regional maupun internsiaonal.

masyarakat non industri dengan masyarakat industry
1.                        Masyarakat non industry adalah organisasi kemasyarakatan non industry dapat digolongkan menjadi 2 golongan yaitu kelompok primer dan kelompok sekunder.
a.       Kelompok primer adalah suatu interaksi antar anggota terjalin lebih intensif,lebih erat,lebih akrab. Kelompok ini disebut juga kelompok face to face group. Sebab para anggota kelompok sering sekali berdialog,bertatap muka, dan menjadikan lenih dekat stu denagnlainnya.
b.      Kelompok sekunder adalah suatu interksi anatar anggota terjalin lebih tak langsung beda sekali dengan golongan primer. Dikarenakan sifat interksi ,pembagian kerja,pembagian kerja antara anggotanya di atur diatas dasar pertimbangan-pertimbangan rasional. Obyektif.
2.                    Masyarakat industry adalah variasi pembagian kerja sebagai dasar untuk mengklasifikasikan masyarakat .sesuai denagn taraf perkembangannya. Akan tetapai ia lebih cenderung maempergunakan dua taraf klasifikasi. Yaitu yang sederhana dan yang kompleks. Masyarakat-masyarakat yang bearada ditengah ditengah eksterm yang diabaikan.


Hubungan antara Individu, Keluarga dan Masyarakat.
makna Individu
         Manusia adalah makhluk individu. Makhluk individu berarti makhluk yang tidak dapat dibagi-bagi, tidak dapat dipisah-pisahkan antara dan raganya.contoh: manusia sebagai makhluk individu mengalami mengalami kegembiraan atau kecewa akan terpaut dengan jiwa raganya. Tidak hanya dengan nata,telingan,tangan,kemauan dan perasaan saja. Dalam kegembiraannya manusia dapat mengagumi dan merasakan suatu keindahan. Karena ia mempunyai rasa keindahan , rasa estetis dalam individunya.

makna keluarga
        Keluaraga merupakan kelompok primer yang palinh penting dalam masyarakat. Keluarga merupakan sebuah group yang terbentuk dari perhubungna laki-laki dan wanita, perhubungan mana sedikit banyak berlangsung lama untuk mencinptakan dana membesarkan anak-anak. Jadi keluarga adalam bentuk yang murni merupakan satu kesatuan social ini mempunyai sifat-sifat tertentu yang sama, dimana saja asatuan masyarakat manusia.

makna masyarakat
       Masyarakat adalah setiapa kelompok manusia yang telah cukup lama hidup dana bekerja sama, sehingga mereka itu dapat mengorganisasikan dirinya dana berfikir tentang sebagai satu kesatuan social dengan batas batas tertentu.

hubungan antara Individu,Keluarga dan Masyaraka
Manusia adalah makhluk individu yang tidak dapat dipisahkan dari jiwa dan raganya
Keluarga adalah merupakan kelompok primer yang paling penting di masyarakat
masyarakat adalah kelompok individu yang di organisasikan dan mengikuti suatu cara hidup tertentu
jadi hubungan antara individu, keluarga, dan masyarakat adalah suatu kehidupan yang tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya.

URBANISASI

pengertian urbanisasi
    
 Urbanisasi adalah Perpindahan penduduk dari desa ke kota untuk mencari  pekerjaan




proses terjadinya urbanisasi
    
 Di desa kurang lapangan pekerjaan yang mengakibatkan orang desa berbondong-bondong pergi ke kota untuk mencari pekerjaan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar